Selasa, 12 Februari 2008

TIKUS KOTA


RODENT ISSUES, From PCT, August 2004, p32-52 CITY RATS

TAHUKAH ANDA??? 18 “DONGENG” TIKUS PERKOTAAN

  1. Tikus Norwegia, Rattus norvegicus di perkotaan mempunyai nama yang berbeda-beda, tergantung dari area infestasinya, antara lain ada yang dinamakan Tikus got, Tikus dermaga, Tikus sungai, Tikus lorong, Tikus rumah atau Tikus gudang.
  2. Tidak ada seorangpun tahu jumlah tikus di perkotaan, atau tidak ada yang tahu secara tepat berapa rasio jumlah tikus dan jumlah manusia di suatu lingkungan tertentu, bisa lebih banyak tikusnya, atau bisa juga lebih banyak manusianya, kemungkinan kisaran jumlah tikus dari mulai nol (=0) sampai dengan beberapa lusin tikus di area tertentu di perkotaan dan ini disebabkan oleh pengaruh beberapa faktor lingkungan setempat.
  3. Tikus dan mencit mempunyai tubuh yang elastis atau “fleksibel” yang dapat melalui celah dan lubang yang “relatif” sempit.
  4. Tikus mengerat semua benda yang ditemui disamping untuk menahan laju pertumbuhan gigi bawahnya, juga adalah cara tikus untuk merasakan / mencari makanan yang diinginkan.
  5. Tikus got, Rattus norvegicus yang terberat pernah ditemukan di London dengan berat 410 gram, dalam literature tikus got terberat adalah 600 – 800 gram.
  6. Tikus kota kebal terhadap Racun Tikus, di Perkotaan ada Tikus dan Mencit yang kebal terhadap racun tikus antikoagulan generasi pertama, tetapi tidak / belum ditemukan yang kebal terhadap antikoagulan generasi kedua.
  7. Ibu tikus mengajari anak-anaknya untuk menjauh dari perangkap dan umpan beracun yang tersedia. Ibu-ibu tikus memberi contoh pada anak-anaknya untuk tidak masuk ke dalam perangkap dan memakan racun yang disediakan oleh manusia dan si anak-anaknya mengikuti contoh yang diberikan.
  8. Kucing ikut mengendalikan populasi tikus dan mencit di apartment, tetapi tidak dapat mengendalikan infestasi tikus secara tuntas.
  9. Tikus di perkotaan agresif, dilaporkan bisa menggigit anak-anak, Anjing dan juga orang tua yang tidur di area-area dimana tikus sering liwat di area-area tersebut.
  10. Tikus kota hidup berdampingan dengan manusia, ada tikus yang hidup di bagian atas bangunan, dan banyak juga tikus perkotaan yang hidup di bagian bawah dari kota manusia.
  11. Tikus got dapat menjadi buta dan berukuran besar dari ukuran biasanya.
  12. Tikus dan Mencit sering kencing dan sering buang kotoran bila dibandingkan dengan hewan Mammalia besar lainnya, karena Tikus dan Mencit tidak mempunyai kantung kemih sehingga tidak dapat menahan dan mengatur kencing.
  13. Perbaikan jalan dan saluran air di perkotaan akan menyebabkan tikus-tikus lari mendekat ke bagian dasar bangunan dan bila memungkinkan akan masuk ke dalam bangunan.
  14. Tikus got dan Mencit tidak dapat menularkan penyakit Rabies (Anjing Gila), gigitan tikus pada manusia belum pernah dilaporkan dapat menularkan rabies, tidak seperti Kelelawar, Srigala, Anjing, Kucing dan gigitan binatang liar lainnya.
  15. Tikus dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, dengan menularkan berbagai patogen antara lain : Leptospirosis, Pes, Salmonellosis, Typhoid, Dysentery dll. sehingga harus dikendalikan secara baik.
  16. Tikus-tikus adalah penular Hantavirus pulmonary, kecuali tikus got, Hantavirus pulmonary ditularkan oleh Mencit Rusa, Mencit kaki putih dan binatang pengerat (Rodentia) liar lainnya.
  17. Musim dapat menyebabkan meningkatnya populasi tikus, banyak faktor yang dapat menyebabkan peningkatan populasi tikus di perkotaan, antara lain bertambahnya jumlah bangunan, cara pengelolaan & pembuangan sampah yang kurang baik, padatnya penduduk, kesemrawutan perkotaan, suhu, serta bertambah tuanya infrastruktur perkotaan.
  18. Manusia tidak akan pernah berhasil membersihkan tikus-tikus dari perkotaan / permukiman, adalah sangat sukar membasmi tikus dari area perkotaan, dibutuhkan Uang dan Sumber Daya yang cukup. Seluruh anggota masyarakat harus mempunyai komitment : “LEAVING IT CLEANER THAN YOU FOUND IT”, yang bisa dilakukan adalah agar Rattus norvegicus masuk dalam daftar binatang yang jarang ditemukan di Kota kita.

Tidak ada komentar: