Senin, 18 Februari 2008

SEMUT TROTOAR ("PAVEMENT ANT")


PAVEMENT ANT (SEMUT TROTOAR)
Ordo/Family : Hymenoptera / Formicidae
Nama ilmiah : Tetramorium caespitum (Linnaeus)

Diskripsi (Uraian) :
Ukuran panjang tubuh 2 – 4 mm dengan warna tubuh gelap dan kaki berwarna cerah. Mempunyai 2 duri kecil di bagian belakang thoraks, mempunyai 2 (dua) tonjolan (node) di bgn petiole, dan tubuhnya ditutupi oleh bulu kaku yang halus. Semut ini mudah di-identifikasi dengan tanda alur sempit yang sejajar pada bagian kepala dan thoraks.

Biologi :
Sedikit sekali informasi biologi tentang semut ini. Waktu perkembangan telur – dewasa adalah 36 – 63 hari. Hidup di dalam bangunan, muncul dari pupa dan kawin setiap waktu, dan semut ini muncul di luar bangunan pada bulan Juni dan Juli.

Habit :
Semut ini bersarang di luar bangunan di bawah batu-batuan, di sepanjang tepi jalan untuk pejalan kaki, di bawah lempengan beton (pondasi) dll. Semut ini masuk ke dalam bangunan karena ada sumber makanan dan masalah khusus karena adanya lempengan beton. Di dalam bangunan, bersarang di dalam dinding, di dalam sekat, di lantai dan di tempat-tempat yang hangat pada musim hujan (dingin). Makanannya adalah serangga, daging, biji2an dan manisan, lebin disukai adalah daging dan lemak. Adalah semut dengan pergerakan lambat dalam mencari makanan hanya sejauh 30 kaki dari sarang. Meskipun tidak agresif semut pekerja dapat menggigit dan menyengat.

Pengendalian :
Semua retakan dinding yang dapat dijadikan akses masuk ke dalam rongga dinding harus ditutup (sealed), juga retakan di lempeng pondasi dan sambungannya harus ditutup. Ceceran sampah di bagian bawah bangunan yang memungkinkan semut ini bersarang harus dibersihkan. Semut trotoar tertarik pada umpan makanan manis dan protein. Umpan sebaiknya diletakkan pada jalur dan tempat semut ini biasa ditemukan.
Umpan beracun dalam wadah di letakkan di dalam bangunan yang tidak dapat dijangkau oleh anak-anak dan hewan peliharaan. Umpan harus sering diperiksa untuk mengetahui aktifitas makan dan keberadaan semut ini. Sarang semut di luar bangunan dapat dibasahi (disemprot) dengan formulasi cairan. Perhatian khusus harus diberikan pada retakan pondasi dan sambungannya.

Tidak ada komentar: