Rabu, 27 Februari 2008

FENOMENA GUNUNG ES PADA POPULASI LALAT RUMAH


Lalat rumah, Musca domestica, keberadaan populasi serangga terbang ini merupakan indikator kondisi SANITASI LINGKUNGAN. Yang dimaksud dengan FENOMENA GUNUNG ES ("Iceberg Phenomenon") adalah Lalat rumah dewasa yang terlihat berterbangan dan hinggap di Lingkungan kita adalah kira-kira 20 % dari total populasinya. Yang 80 % lagi dalam stadia Telur, Larva (belatung) dan Pupa (Kepompong) berada dan hidup tersembunyi di dalam tumpukan sampah organik. Kalau kita ingin mengurangi / memberantas populasi Lalat Rumah, disamping kita memberantas Lalat dewasanya juga kita harus memberantas Stadia yang tersembunyi di dalam tumpukan sampah Organik.
Untuk mencegah peningkatan populasi Lalat Rumah sebaiknya kita harus meningkatkan kualitas SANITASI LINGKUNGAN, Bersih itu Sehat...........
Buanglah Sampah pada tempatnya, Tutuplah tempat penampungan sampah sementara, Jangan biarkan Sampah Organik menumpuk terlalu lama, Pisahkan tempat penampungan sampah sementara antara sampah organik (basah) dan sampah anorganik (kering), Tutuplah semua akses masuk Lalat ke dalam bangunan.

Tidak ada komentar: